Hama dan Penyakit Ikan Lele

Hama pada lele adalah binatang tingkat tinggi yang langsung mengganggu kehidupan lele. Di alam bebas dan di kolam terbuka, hama yang sering menyerang lele antara lain berang-berang, ular, katak, burung, serangga, musang air, ikan gabus dan belut.Di pekarangan, terutama yang ada di perkotaan, hama yang sering menyerang hanya katak dan kucing. Pemeliharaan lele secara intensif tidak banyak diserang hama.

Penyakit parasit adalah penyakit yang disebabkan oleh organisme tingkat rendah seperti virus, bakteri, jamur, dan protozoa yang berukuran kecil.

Jenis hama/penyakit

1. Penyakit karena bakteri Aeromonas hydrophilla dan Pseudomonas hydrophylla

Bentuk bakteri ini seperti batang dengan cambuk yang terletak di ujung batang, dan cambuk ini digunakan untuk bergerak. Ukurannya 0,7-0,8 x 1-1,5 mikron.

Gejala: lele yang terkena bakteri ini: warna tubuh menjadi gelap, kulit kesat dan timbul pendarahan. Lele bernafas megap-megap di permukaan air.

Pencegahan: lingkungan harus tetap bersih, termasuk kualitas air harus baik.

Pengobatan: melalui makanan antara lain pakan dicampur Terramycine dengan dosis 50 mg/kg ikan/hari, diberikan selama 7-10 hari berturut-turut atau dengan Sulphonamid sebanyak 100 mg/kg ikan/hari selama 3-4 hari.

2. Penyakit tuberculosis yang disebabkan bakteri Mycobacterium fortoitum

Gejalanya: tubuh ikan berwarna gelap, perut bengkak (karena tubercle/bintil-bintil pada hati, ginjal, dan limpa). Posisi berdiri di permukaan air, berputar-putar atau miring-miring, bintik putih di sekitar mulut dan sirip.

Pengendalian: memperbaiki kualitas air dan lingkungan kolam.

Pengobatan: dengan Terramycin dicampur dengan makanan 5-7,5 gram/100 kg ikan/hari selama 5-15 hari.

3. Penyakit karena jamur/candawan Saprolegnia.

Penyebab: jamur ini tumbuh menjadi saprofit pada jaringan tubuh yang mati atau ikan yang kondisinya lemah.

Gejala: ikan ditumbuhi sekumpulan benang halus seperti kapas, pada daerah luka atau ikan yang sudah lemah, menyerang daerah kepala tutup insang, sirip, dan tubuh lainnya. Penyerangan pada telur, maka telur tersebut diliputi benang seperti kapas.

Pengendalian: benih gelondongan dan ikan dewasa direndam pada Malachyte Green Oxalate 2,5-3 ppm selama 30 menit dan telur direndam Malachyte Green Oxalate 0,1-0,2 ppm selama 1 jam atau 5-10 ppm selama 15 menit.

4. Penyakit bintik putih dan gatal (Trichodiniasis)

Penyebab: parasit dari golongan Ciliata, bentuknya bulat, kadang-kadang amuboid, mempunyai inti berbentuk tapal kuda, disebut Ichthyophthirius multifilis.

Gejala:

(1) ikan yang diserang sangat lemah dan selalu timbul di permukaan air;

(2) terdapat bintik-bintik berwarna putih pada kulit, sirip dan insang;

(3) ikan sering menggosok-gosokkan tubuh pada dasar atau dinding kolam.

Pengendalian: air harus dijaga kualitas dan kuantitasnya.

Pengobatan: dengan cara perendaman ikan yang terkena infeksi pada campuran larutan formalin 25 cc/m3 dengan larutan Malachyte Green Oxalate 0,1 gram/m3 selama 12-24 jam, kemudian ikan diberi air yang segar. Pengobatan diulang setelah 3 hari

5. Penyakit cacing Trematoda

Penyebab: cacing kecil Gyrodactylus dan Dactylogyrus. Cacing Dactylogyrus menyerang insang, sedangkan cacing Gyrodactylus menyerang kulit dan sirip.

Gejala: insang yang dirusak menjadi luka-luka, kemudian timbul pendarahan yang akibatnya pernafasan terganggu.

Pengendalian:

(1) direndam formalin 250 cc/m3 air selama 15 menit;

(2) Methyline Blue 3 ppm selama 24 jam;

(3) menyelupkan tubuh ikan ke dalam larutan Kalium Permanganat (KMnO4) 0,01% selama ±30 menit;

(4) memakai larutan NaCl 2% selama ± 30 menit;

(5) dapat juga memakai larutan NH4OH 0,5% selama ±10 menit.

6. Parasit Hirudinae

Penyebab: lintah Hirudinae, cacing berwarna merah kecoklatan.

Gejala: pertumbuhannya lambat, karena darah terhisap oleh parasit, sehingga menyebabkan anemia/kurang darah.

Pengendalian: selalu diamati pada saat mengurangi padat tebar dan dengan larutan Diterex 0,5 ppm.

Apabila lele menunjukkan tanda-tanda sakit, harus dikontrol faktor penyebabnya, kemudian kondisi tersebut harus segera diubah, misalnya :

1. Bila suhu terlalu tinggi, kolam diberi peneduh sementara dan air diganti dengan yang suhunya lebih dingin.

2. Bila pH terlalu rendah, diberi larutan kapur 10 gram/100 l air.

3. Bila kandungan gas-gas beracun (H2S, CO2), maka air harus segera diganti.

4. Bila makanan kurang, harus ditambah dosis makanannya.

Sumber : http://www.pustakatani.org/InfoTeknologi

About these ads
Ditulis dalam Perikanan. 122 Comments »

122 Tanggapan to “Hama dan Penyakit Ikan Lele”

  1. nia Says:

    thanx y infonya. ini ngebantu banget wat ngerjain tugas aq.
    klo da info baru kontak az rhizophora_87@plasa.com
    thanx……..

  2. MUCHLAS Says:

    ………

  3. Ahmad Syarif Says:

    Alhamdulillah, infonya berguna sekali. aku yang lagi mengusahakan peternakan lele jadi merasa terbantu sekali. Kalo ada info baru lagi seputar ikan lele atau ayam ras pedaging, ditunggu yah infonya di: ahmed_goju@yahoo.com

  4. Anas Ariffudin Says:

    wah punya usaha peternakan besar ya mas?moga sukses

  5. ahmad h alattas Says:

    WOW INFO NYA BANYAK MEMBANTU SAYA DALAM MENGOLAH PETERNAKAN IKAN
    TRIMS BANYAK YA.
    BAHASA INGGRIS APASIH NAMA BUKAN NYA DISEBUT CATFISH,
    INI WEB DIBAWAH KOK NGA BISA DIBUKA APAKAH SUDAH GANTI WEBNY

    http://www.pustakatani.org/InfoTeknologi
    TRIMS AGAIN

  6. Muhaimin Achmadi Says:

    Terimakasih banyak atas informasinya, Alhamdulilah saya sangat terbantu dengan informasi ini
    Saya peternak ikan di Cilegon-Banten.
    Dalam setiap minggunya saya menelurkan 4 pasang akan lele dengan jenis piton, yang jadi masalah dalam proses pembenihan itu adalah penangan/pencegahan terhadap penyakit.

  7. athos Says:

    penyakit jamur di ikan lele bisa diobati dengan bahan2 organik gt ga selain bhn kimia, ya contohnya tumbuh2an? kalo ada apa?
    thx yahh

  8. zulhan Says:

    makasih bnget ya infonya gue lg nyoba-nyoba ternak ikan lele. kalo ada informasi air kolam yang baik untuk lele dan cara pemberian pakan serta pakan apa yang cocok agar lele bisa tumbuh dengan baik cepat panen

  9. ocha Says:

    aduh nas ko ganteng bngt sich,,,,,, boleh kenal ga…..

  10. imam Says:

    informasiin dong gimana baiknya untuk awal menabur bibit lele, sy menggunakan plastik terpal Ukuran 1 x 10 m, tinggi air 50 cm, sy isi air sumur dan air hujan, selama 1 minggu, dan saya berniat akan menabur 2000 ekor lele ukuran jari kelingking, yang jadi pertanyaan sy adalah : apakah bibit lele tsb bisa langsung saya ceburkan ke kolam, brapa kali kita memberikan makanan dalam sehari … atau ada tips-tips lain, mohon di beritahu yahh kirim ke perjaka_212@yahoo.com sbelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih

  11. sedex Says:

    yang sulit bukan mengobati, tapi bagaimana mengenali gejala penyakit untuk menegakkan diagnosis sehingga pas dalam pengobatan.

  12. muchtar Says:

    hatur nuhun pisan inpo na,jdi banyak ngebantu,terutam ka saya.

  13. hadi Says:

    wow… hebat infonya, sangat lengkap.tolongdiinformasikan agen penjual lele di KEDIRI dan jawa timur umumnya.Trims bagt

  14. bonnie fasius Says:

    kenapa warna ikan lele berubah menjadi kemerahan (bule), sehingga dikenal sebagai lele bule. saat benih warna masih hitam, usia sekitar satu bulan berubah menjadi pucat kemerahan (bule).
    apa penyebabnya? mohon informasinya.

  15. Nst Raja Namora Says:

    Saya ingin menanyakan Sama dengan yang ditanyakan bonnie fasisus.

    kenapa warna ikan lele berubah menjadi kemerahan (bule), sehingga dikenal sebagai lele bule. saat benih warna masih hitam, usia sekitar satu bulan berubah menjadi pucat kemerahan (bule).
    apa penyebabnya? mohon informasinya.

  16. rokimun Says:

    Satukan tekad wujudkan masyarakat cinta makan ikan oke OCHA, AHMAD SYARIF,Nia an temen2 makasih tlong carikan tentang cara mengatsi masalah di kolam yang banyak mengandung kapur daerah pegunungan di BOYOLALI

  17. Teguh Says:

    1.Bagaimana ciri2 Kualitas air yg baik pd pembenihan dan pembesaran ikan lele
    2.Dgn alat ap bs mengetahui pph air .Dan kira2 brp harganya
    3.Makanan alternatip lele yg lebih murah dan mudah di dapat

    terima kasih

  18. Teguh Says:

    Ap betul ad yg bilang pembesaran lele selama 40hari bs panen. Klo ad bagaimana caranya.
    Terima kasih

  19. Dayat Says:

    Wah pada mau usaha lele ya, datang aja k JAMBI study tournya

  20. asna Says:

    lele sy pada berdiri tegak lurus dan lemah. kemudian beberapa saat mati. sudah hari kelima penebaran tapi yang mati ga berkurang.ada juga yang sirip,insang,ekor,mulut badan putih2kaya terus mati, ada juga yang muter2 lama bgt. kira2 apa ya penyakitnya,dan apa nama obatnya yang bisa diperoleh dipasaran?

    • sayuti Says:

      masalahnya sama ibu asna …mhon bantuanx..

    • ans Says:

      kalo kasus yg begini… coba cek kondisi air dan kolam… udah steril bner ato belum… kalo untk bntik putih biasanya pd dtangani dg “blue fish” di toko prikanan banyak kok… smga bermanfaat

    • hasan Says:

      tuch akibat penebaran awal mas. air terlalu pendek n ga dikasih peneduh. trs yg terutama kondisi air sngt jelek. jd perlu di ganti.

  21. nono darsono Says:

    terima kasih atas infonya,
    karena ini akan membantu saya dalam memulai usaha ikan lele

  22. gerry Says:

    dmana saya bisa membeli obat untuk jamur yang menyerang bibit lele…
    mohon informasinya..
    apabila air kolam saya menjadi berwarna hijau dikarenakan apa ya?
    mohon informasinya…

  23. aji Says:

    sya pny 2 kolam kolam A tdnya lele bnyk yang mati dg ciri2 dia berdiri dan perut kembung merah spt mau pecah kmd pada mati.. trus ga tau knepa sehat sendiri trus kolam B saya pada awalnya sehat tp sekarang banyak yg mati dengan ciri2 sama spt kolam A. apakah iru penyakit? trus mmengatasinya bgm? trims…

  24. clarias Says:

    kenapa ikan lele saya mati tiap pindah pakan dari cacing ke pellet dengan keadaan ikan selalu menggantung.

  25. muli Says:

    thanks banget ya, info nya bisa to bahan ngajar, mohon infonya bisa diperpanjang lagi

  26. Kaka Says:

    Lha caranya menjaga kualitas air tu gimana mas?????

  27. berry Says:

    saya minta tolong saya beli lele yang berukuran 5-7 cm apakah sama kedalaman air dengan ukuran yang lebih besar?makasih sy perlu sarannya

  28. Havit Says:

    salam kenal semuanya sob,seneng bgt nich pnya minat sama di lele,kebetulan saya dah 3 tahun bergerak di pembenihan dan pembesaran lele jadi klo bth info seputaran lele dengan senang hati saya ingin berbagi pengalaman, saya tunggu yo

  29. didos Says:

    alloo salam kenal…trims atas tip2snya friend..tapi masalahnya dimana saya bisa mendapatkan obat2 tersebut…….? matur thanks U……..

  30. arphie Says:

    mas leleq kok pada muter2 trus pada mati semua di ukuran 2-3cm

  31. prasetyo Says:

    matur suwon infonya mas anas

  32. Aris Says:

    Saya minta saran mengenai penyebab penyakit kuning pada lele,serta bagaimana mengatasi penyakit ini. Penyakit ini memiliki ciri2 seluruh tubh berwrna kuning,dan ikan akan lemas serta kejang Selang waktu 2hari ikan akan mati. Penyakit ini cenderung menular. Mohon saran dan perhatian. Trimakasih

  33. angga Says:

    saya ingin mencoba berternak lele.
    bibit lele yang saya ternak mulutnya berwarna putih seperti luka..
    paling lama bertahan 1 hari,terus langsung mati.
    apakah itu terkena penyakit??
    apa obatnya??

  34. billy_orlando@ymail.com Says:

    Salam kenal mas…..
    Saya punya kolam ukuran 8×5 metr,sudah terisi air selama 1minggu sampai airny hijau,trs saya tebar bibit lele ukuran 5×7 sebanyak 3rb bibit tapi pada mati tinggal tersisa beberapa ratus bibit saja dengan air yg keruh dan berwarna cokelat kehitaman.untungnya saya ga jadi tebar bibit smpai 5rb.bibit lelenya mati dengan ciri-ciri ada yg seperti:
    -mulutnya putih sampai sungutny
    -perut bengkak memerah
    -pendarahan di sirip,sirip atas,da jg di buntut
    -di bagian tubuh ada bintik-bintik putih di kulit,ada yg terkelupas kulitnya sampai kelihatan bagian dagingnya,ada jg buntutnya yg hilang
    Tolong mas,secepat mungkin bantuanny dan sarannya tentang apa penyebabnya,cara ngatasinya.soalnya saya masih awam soal pembesaran bibit lele.email billy_orlando@ymail.com,tolong saran dan bantuannya kirim ke email saya saja.
    Kalau ukuran kolam segitu maks tebar bibit sampai beberapa ribu?tak tunggu balasanny,secepatnya ya mas……
    Bravo bwt perikanan.

  35. kik Says:

    kapan mulai usahanya mas??

  36. aryan Says:

    beli obat2 ikan lele kaya antibiotik gitu dimana ya bos? kok banyaknya sudah merek2 gitu. jadi bahan aktifnya dah combine macam2…
    lele ku pada sekarat ney…. kena putih2 dikulitnya trus ingsangnya blooding… resep paling manjur apa bos? aku pake air sumur pHnya 6.69
    kasih fatwa ya bos….

    • boy Says:

      saya bru plihara ikan lele,1500 bibit saya tanam,,namun byk yg mati,gejala na,ikan mengambang di permukaan air & prut gembung ,,tolong bantu saya tuk menangulangi na,,,
      kbetulan saya memelihara na di dlam kramba,,& air na air rawa

  37. aryan Says:

    kayaknya kasusku mirip mas billy deh… lelenya pada kena penyakit “Moncong Putih”….. tebar 1000 mati 550 ekor… pusing deh…… padahal aku udah karantina ke kolam lain dengan air diganti everyday tetep koq-it.

  38. yusnitha Says:

    salam kenal…..
    saya mau ikut nimbrung bertanya. lele saya kenapa ya sebagian besar pada berdiri menggantung dan juga perut besar tetapi besar didalam nya itu kosong. terimah kasih atas jawabannya…..

  39. faisal rianto Says:

    Salam Kenal rekan-rekan.
    Sekedar memberikan info kepada peternak/petani lele yang baru ataupun berpengalaman:
    Kami adalah badan usaha yang beralamat di Cilangkap-Bogor, bergerak pada budidaya ikan air tawar khususnya ikan lele, mulai dari pembibitan, peternakan sampai pada grosir pakan pelet dan pakan alternatif berkualitas.
    “CV. Karuhun Pasundan Tani Jaya MENCARI/MEMBELI hasil panen rekan-rekan peternak; ikan lele konsumsi dengan ukuran 8-10 dan 5-7. Lokasi peternakan sekitar Jabodetabek. Hasil panen minimal 500kg. Pembelian dengan cara jemput-terima di atas mobil”
    Terima kasih.
    Contact Hub: Faisal Rianto (021-97349830)
    Email: faisal.rianto@live.com

  40. edo Says:

    saya baru ingin mulai berternak ikan lele
    apa langkah pertama yang saya harus lakukan?
    saya punya kolam tapi sudah lama gak dipakai, dan saya tertarik untuk mencoba ternak ikan lele tetapi dengan megunakan terpal dengan dasar kolam yang sudah ada, yang ingin saya tau bagaimana dan apa langkah saya pertama terima kasih

    • faisal rianto Says:

      Salam kenal bung edo.
      pertanyaan bung edo cakupannya masih terlalu luas.
      Kolam yang sudah tidak dipakai berarti kolam tanah bos??
      Kalau memang memungkinkan (sumber air lancar), lebih baik pakai kolam tanah saja. Paling kendala pada saat proses panen & berat yg susut tinggi, namun pertumbuhannya lebih baik sampai 20% dibandingkan pakai kolam terpal/tembok.
      Kalau mau pakai terpal:bentuk seperti bak dengan tiang bambu atau papan (contoh bentuk, ukuran serta kapasitas dapat di search pd beberapa literatur di internet).
      Cobalah ukuran 3mx4mxtinggi 0.8m dengan kedalaman air cukup 0.5 m (jng lupa buat kamalirnya). Padat tebar untuk mencoba 2000-3000 ekor).
      Semoga sukses.

  41. urwa Says:

    salam kenal y?,msh awam bgt masalah lele,tp karena amanah jd harus belajar byk,saya ingin menanyakan pembudidayaan lele di kolam terpal. Setelah diberikan bibit sekitar 1mggu dan diberikan pakan berupa pelet.kenapa bayak yg mati y?bibit yg ditebar beukuran 5-7 cm, di setiap kolam diberi bi2t 2500 ekor. Pakan diberkan 3 kali sehari dengan takaran 10% dari berat total bibit di kolam, sebelum bibit dimasukkan kolam diberikan PK dan nutrisi (nutrisi untuk tanamanberbentuk powder),mohon penjelasannya,terima kasih byk.

  42. Ika Says:

    Salam kenal mas,…
    Saya dan suami saya sudah 2 tahun ini menggeluti pembibitan ikan lele (dari pengawinan induk), namun sudah 1 bulan ini bibit yang sudah ada selalu terkena penyakit, sudah 4 kali pengawinan tidak ada hasilnya. selama ini kami sudah bisa menanggulangi penyakit sedikit demi sedikit namun untuk kasus yang ini sangat sulit kami tangani. Pertanyaaan:
    1. Apakah ini dikarenakan cuaca yang cukup panas disiang hari ? kemudian ketika dimalam hari suhu udara sangat dingin?
    2. jenis penyakit selalu beraneka ragam dari info mas diatas, namun tetap saja setelah ditanggulangi berakhir dengan kematian seluruh ikan, apakah mas mempunyai ilmu pengetahuan yang lain tentang hal tersebut?
    3. Apakah mas menjual bibit sangkal? jika iya berapa mas jual per kg nya?
    Mohon balasannya.
    Thanks

  43. M.Ma'ruf Says:

    Buat ptrnak lele di sekitar Kanor,Sumberrejo,Baurno Kab Bojonegoro&sktrnya.Kami mnjual bibit lele yg udah bradaptasi dg kualitas air&cuaca di B.Goro dg harga minimal Rp 150.Hub P.Ma’ruf Ds Simorejo Kc Kanor 081330637845/085649745868

  44. gunadi Says:

    Mau nanya neh Bos… klo lele dari netes sampe umur 1 minggu selain pake cacing pake pakan apa yang bagus ? & Apakah sirkulasi air dalam kolam itu penting ?

  45. udjai Says:

    belajar aaahhh…… sy punya 2 buah kolam tapi masih kosong…. ukurannya 4 kali 6 meter perkola, tinggi kolam 1meter 30 centi. kira2 dapat berapa ekor yach…
    o..iya ..kalau ada info ttg lele,tolong donk mas…di jk_nosferatu@yahoo.com
    makasih…
    wassalamu alaikum….

  46. ena Says:

    makasi…
    tugas jadi cepat kelar nech…

  47. maria sari Says:

    salam kemal,
    saya baru saja mulai pembesaran/pemeliharaan ikan lele , saya punya 2 kolam dan satu kolam saya isi ikan lele dengan ukuran 11-12 sebanyak 3.200ekor, sudah 1 minggu banyak ikan lele yang mati dan saya binggung apa penyebabnya , mohon infonya yach

    • budi Says:

      10 hari dr pemasukan bibit air nya di ganti bos sesudah itu tiap 15 smpe 20 hri air nya selalu di ganti sya di ajarin sma petani lel di lampung semoga berguna bos semoga sukses

  48. eko Says:

    bro saya mau nanya. saya punya pemancingan ikan lele tpi ikan lele ya ad masalah di bawah badan ya pada merah kaya jamur trus sama bibir ya pada biru kaya sariwan trus gmana cara ya tuh mengobatin ya dan gmana cara ya lele bs nahfsu makan……? terima kasih ada forum seperti ini dan saya perlu informasi ya di mujur_81@yahoo.com…… wassalamu alaikum

  49. andre cahyono Says:

    halo….guwe jg ty dunk gmn cara mengobati lele yang terkena penyakit menggatung di permukaan air dan akhirnya mati dengan perut yang hancur meletuzzzzz….tolong dunk kasih solusinya

  50. udin Says:

    tolong bagaimana cara mengatasi lele yang mati menggantung dipermukaan dan perutnya buncit ?

  51. shinta Says:

    mw tny gimana caranya membersihkan hama lintah yang sering menempel di lele yang ada di dalam kolam pemancingan?. tx b4

  52. fathul Says:

    maaf kawan2 mau minta infonya donk…. aku udah 10 hari ini memelihara lele tapi kok banyak yang mati ya…. padahal aku merawatnya di air yang mengalir dengan sirkulasi air yamg terbilang bagus….. mohon sarannya dari kawan2 donk….. trimakasih

  53. candra Says:

    1. coba peratikan iar nya 2. ukur PH 3. Kasih umpan jangan berlebihan

  54. bambang Says:

    saya lg mengalami hal yang blum pnah saya jumpai dalam pembenihan ikan lele pd saya saat ni ikan saya pd mati m,endadak cuaca dsini musim kemarau at w pnas sdh byk perlakuan yang saya lakukaan yang saya lakukan tp ttp mati sdh 5 induk lele yang saya pijah kn gagal smua tlong bantuannya y
    by bambang subakti
    no hp 081361302900

  55. john Says:

    bos sy baru belajar pembenihan lele.lele saya terkena penyakit.sy mau nanya beli terramycine dimana?

  56. suzan1205 Says:

    salam kenal Pak, saya mau tanya.. saat ini lele saya sedang terkena penyakit kuning, seluruh badannya kuning. Mohon solusi pencegahannya dan obat apa yg bisa saya gunakan. terima kasih.

  57. akhmad Says:

    tolong dong kenapa ikan lele ku ada bintik merah nya
    kirim ke imal ku ya makasih

  58. tasripan Says:

    mencegah kematian pad awal tebar

  59. roni Says:

    makasih bgtzzzz tas imfo nya…
    yang saya mau tanya emank obat Malachyte nya bli dimn si..????

  60. irfan Says:

    terimakasih atas info nya,semoga bisa menjadi solusi bagi ikan lele saya yg sangat banyak mati karena terkena firus bintik-bintik putih..

  61. widodo Says:

    trimakasih infonya. saya juga mau menanyakan lele saya di kepalanya ada benjolan kecil gimana penangannya? untuk pemberian pakan yang baik dari umur 1 – besar apa saja? biasanya obat untuk lele dijual dimana? trims

    • oki Says:

      mas widodo, saya juga punya masalah seperti itu. ikan lele saya mati banyak sekali dengan benjolan dikepala, saya sudah cari kemana2 internet ataupun yang lainnya tidak ada yang bisa menjawab. mas widodo kalo sudah menemukan jawabannya , saya mohon untuk diberitahu jawabannya. thx

  62. indra Says:

    Kepada teman2 semua yg bermasalah dalam budidaya lele, dapat kami katakan teman2 belum belajar dengan baik dan benar tentang budidaya lele seharusnya, ngasal saja ya begitulah akibatnya, budidaya lele tdk semudah yg ditulis buku. tapi kalau sekedar coba2 sih gpp juga. Karena yg sdh belajar saja masih bermasalah, jangan putus asa, belajar lagi.
    Tks

  63. indra Says:

    Kepada pembudidaya di daerah Bogor dan sekitarnya, kami menjual bibit lele berkualitas berbagai ukuran dan cacing sutra. Kepada yang berminat dapat mengunjungi lokasi kami di Cibedug (Tapos) – Ciawi – Bogor.
    Kontak person:
    Joko 0813 8464 5599
    Nanang 0857 8151 7478

  64. Fadilah Surabaya Says:

    Saya tebar bibit ud 1 bln, tp 3 hr ini perut lele membesar & ad yg mati, mohon bantuannya

  65. agromania Says:

    Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

  66. andi Says:

    saya lokasi di jogja jual larva lele dumbo sehat berkualitas, umur 15 hari panjang 1-2 cm harga Rp 15/ekor. hub 081227354545

  67. kafy Says:

    thanks infonya….. semoga kita selalu di kasih kemudahan oleh Allah swt amin… dalam menjaankan usaha….
    amin..

  68. kafy Says:

    saya hanya orang kecil yg mempunyai angan2x… jadi saya mau minta facebook kalian semua,saya ingin mendapatkan pencerahan… mengenai usaha ikan lele ,dari abang2x semua…
    add saya di kafydoank@ovi.com

  69. aep lele Says:

    Salam agribisnis perikanan
    Kami Aep Lele benih bibit pembesaran lele sangkuriang bandung
    Berlokasi di desa gajah mekar, kec.kutawaringin, soreang, kab. Bandung 40951
    Dekat kampung adat mahmud dan juga
    dekat stadion jalak harupat, soreang bandung
    Menyediakan bibit benih lele sangkuriang bandung
    Asli berkualitas bersertifikat, menyediakan bimbingan,
    Pelatihan dan pendampingan usaha baik
    Pembenihan maupun pembesaran lele sangkuriang bandung
    No hp 081213565977 / 085722718530

    ”AEP LELE”
    BUDIDAYA LELE SANGKURIANG

    Tersedia berbagai produk dan layanan :
    1. Lele Sangkuriang baik benih maupun konsumsi
    2. Pakan dan peralatan budidaya Lele Sangkuriang
    3. Informasi, konsultasi, pelatihan budidaya Lele Sangkuriang
    4. Studi wisata bagi para siswa, mahasiswa dan umum
    5. Pembentukan dan pengembangan kemitraan bisnis Lele Sangkuriang
    6. Forum diskusi dan kelompok petani dan pebisnis Lele Sangkuriang
    7. Pembentukan dan pembinaan pebisnis pemula

    Alamat : Dsn. Cipedung, Ds Gajahmekar Rt 03/04
    Kec.Kutawaringin, (Kampung Adat Mahmud) Soreang Kab. Bandung 40951
    Dekat stadion Jalak Harupat Soreang BANDUNG
    Telp. 081213565977/085722718530

    * lele sangkuriang di bandung
    * bibit lele sangkuriang di bandung
    * peternakan beli bibit lele sangkuriang
    * lele sangkuriang bandung asli bersertifikat
    * beli bibit lele di bandung
    * lele sangkuriang penjualan benih di bandung
    * jual lele sangkuriang daerah bandung
    * jual lele sangkuriang bandung berkualitas bergaransi
    * cara miara budidaya ikan lele sangkuriang
    * Perikanan bibit lele sangkuriang bandung
    * JUAL: Bibit Ikan Lele Sangkuriang
    * JUAL: Bibit/Benih Ikan Lele Sangkuriang Harga Kaskus Banget
    * butuh (cepat) bibit lele sangkuriang
    * Budidaya benih lele sangkuriang
    * BELI: Dicari Bibit Lele

  70. bertaniyuk Says:

    wah sama neh, aku juga baru nyoba ternak lele 2000 ekor, baru seminggu tebar, sampai saat ini udah ada 20an ekor yang mati dengan gejala peutnya kembung isi angin. solusinya dikasih obat apa ya
    makasih

  71. yanto Says:

    mas tolong kasih tau dong alamat yg jual obat2 tuk ikan lele dijakarta

  72. Ketut Nara Says:

    bagaimana cara mengatasi ikan lele yang mati.karna saya baru menekuni bidang ternak ikan lele. dan juga apa saja yang bisa diberi makan lelain dari pabrik, bila ada lele yang udah 2,5 bulan dari penebaran ada yang mati dengan ciri 1. perut kembung 2. kulit kelupas 3. ada warna merah pada badan tlg ya cara mengatasinya di tunggu makasi saya dari Singaraja Bali HP 081338499142

  73. agus Says:

    mas gmn cr mengatasi dan obat apa? karena ikan saya berwarna gelap, perut bengkak,Posisi berdiri di permukaan air, berputar-putar, miring-miring,terdapat bintik putih dan nafsu makan berkurang. karena saya gak tau perbedaan ikan sakit kembung dengan ikan stres
    tolong ya mas? pusing banget

  74. organikajaib Says:

    Lele panen 29 hari,Belut panen 3 bulan,Udang panen 2 bulan bebas penyakit,Nila & Bawal panen 1 bulan,panen jamur tiram meningkat 300% bebas ulat !

    Dengan pupuk ajaib BIBIT LELE DUMBO sebesar 5-7 cm panen dalam 29 hari isi 1 kg 7-8 ekor,hemat pakan 40%.Belut dari pembibitan sebesar kabel panen dalam 3 bulan berat rata-rata 500 gram/ekor.Pupuk ajaib Terbuat dari bahan organik murni 100%.Budidaya perikanan tanpa vaksin,antibiotik,dan vitamin lainnya.Bisa dengan pakan buatan sendiri atau pabrikan.Tersedia khusus tanaman,perikanan,peternakan dan untuk unggas.

    sms:0857-8178-5140

    http://berita-agrobisnis.blogspot.com/

    Kakao umur 10 bulan belum berbuah setelah disemprot 3 minggu sudah berbuah,bisa juga untuk rumput laut

  75. dany Says:

    yg dikatakan lingkungan harus tetap bersih itu gmn ya?
    mas bs bls ke zulihardany@rocketmail.com
    mohon ditanggapi!

  76. hapijah Says:

    saya baru mulai tabur bibit lele, kolem terpal ukuran 2x5m, isi 2000 ekor sebesar jari kelingkin. tapi baru 2 hari bibit saya dah mati hampir 200 ekor, sedih deh. tolong informasi & bantuannya email ke hapijah_hpjyahoo.co.id. terima kasih

  77. unomile Says:

    makasih infonya mas,…
    wak kasus nya temen kita diatasku sama persis yg aku almi,
    selama seminggu ini, tiap hari ada saja ikan yang mati, paling sedikit tuh 2 ekor perhari,
    tolong dibantu y mas buat mecahin masalah ini.

    thanks

  78. Ali Says:

    Many thanks bro, artikel yang sangat bermanfaat buat kami para pemula.
    anyway, numpang copy ya buat konsumsi pribadi

    best,
    Ali

  79. budi Says:

    thx info nya sangat membantu bagi saya yg pemula

  80. dwi prayoga Says:

    numpang mampir n cari ilmu

  81. Nugroho Tejo Mukti, SPi Says:

    Ulasan yang singkat, padat dan berisi membuat saya mudah mencerna tulisan anda. Saya tunggu tulisan terbaik anda selanjutnya.

  82. abun Says:

    assalamu’alikum sy numpang mampir kayaknya pnyakit yang timbul pada pembudi daya lele terutama pembesaran relatif sama,malah mungkin ada kasus dalam satu kolam sumua jenis penyakit muncul,sy pun pemula dlm hal ini,tgl 26-4-011 tebar 2000 ekor,hari petama,lele kelihatan sehat dan lincah, hari kedua mati 10 ekor,hari ke tiga mati hmpr 100 ekor,penyakitnya,mulutnya kena jmr sehingga sulit makan,hari keepat ini pagi mati sktr 10 ekor,bgmn cara menanggulanginya ? TRIM

  83. de_sari Says:

    good…good…goood. tks banyak infonya, sangat ngebantu dlam pelihara lele, alnya kemaren panen gagal karena gak ngerti dgn penyakit lele, sekalian nanya barangkali ada yg punya info tentang lele yg sebagian atau seluruhnya berwarna kuning/kekuningan, itu kenapa ya? trus pencegahan dan penanganannya gmn? kalo ada yg bisa bantu skalian kt kenalan, kirim aja via email, gdesari@ymail.com, tks ya,

  84. Ruly Says:

    Bawang putih+garam terbukti sbg ramuan alami(organik)utk ikan lele yg skt/sht.

  85. rido Says:

    saya kewlahan karena ternak lele saya pada borok dan mati tolong minta solusi dari anda kirim ke email saya

  86. gusti putu widiana Says:

    numpang tanya pak,
    Kalau lele yang saya punya sudah hampir panen, terus di badannya ada luka sebesar kuku jari yang lama-lama menyebabkan kematian, apa sih nama penyakitnya , dan obat yang mana cocok untuk penyakit itu ? Trims – gusti-

  87. psyk0p4tx Says:

    mantap bgt infonya

  88. Mangde Says:

    bagi yg baca komentar saya,tolong dibantu,saya orang baru dlm masalah peikanan,bagi yang mau membantu saya tolong hubungi saya,saya punya kolam ada 5 kolam tp saya bingung ikan apa yang bagus dipelihara,mohon komentarnya

  89. Temink- Temink Says:

    kl lele pucat dan di badan nya ad warna merah trs janka waktu 24 jam pasti mati….kenap itu…?

  90. dian lele Says:

    TEKNIS BUDIDAYA: BUDIDAYA LELE
    TEKNIS BUDIDAYA: BUDGERIGAR

    Jual benih ikan lele sangkuriang & phyton segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan dikembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh,serta cepat adaptasi di lingkungan apapun.

    menjual benih serta indukan ikan lele sangkuring & phyton

    * – benih ikan lele ukuran 2-3 panjang ikan 3-4 cm harga Rp.60/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-4 panjang ikan 4-5 cm harga Rp.80/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-5 panjang ikan 5-6 cm harga Rp.100/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 4-6 panjang ikan 6-7 cm harga Rp.125/ekor

    BUKAN yang TERBAIK” BUKAN yang MURAH” TAPI KITA BERUSAHA BUAT yang TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan pengiriman

    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    untuk informasi cara ternak ikan lele

    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    Silahkan kunjungi via Google di alamat : http//Pbenih.blogspot.com

    dian lele ……………………..Hp 087733662287 sms / telpon

    *******************************************************

  91. maria ulfah Says:

    Jual bibit lele ukuran, 3-4, 5-6, 6-7, 7-8, 9-10 harga pasaran dan ikan lele konsumsi minimal 100 kg. lokasi Vila Nusa Indah Jatiasih Bekasi 021 9330 5212

  92. Hama dan penyakit Tanaman | forcareofyou Says:

    [...] Ditulis dalam Perikanan. 73 Komentar – komentar » [...]

  93. Amirudin Says:

    Saya membudiDyKn lele, saat berukuran 35 cm trkena serangan dengan gejala :
    Kumis memerah, bintik2 putih terdapat di badannya, mohon di beri infonya kira2 penyakit apa yg sedang di alami dan bagaimana pengobatan serta pencegahannya dikemudian hari.
    Terimakasih

  94. andy Says:

    UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

  95. rudyjeant Says:

    lele yang saya pelihara,,, terkena penyakit. perut kembung… sudah dikasih obt tpi msh skt juga. knpa y ?? kasih tw y tmn222

  96. wildan Says:

    trims yo,,, saya stuju pendapat anda, sya akn mencobanya :)

  97. Edi mulyono Says:

    Bermanfaat bagi pemula spt saya, makasih banyak….

  98. gifar Says:

    saya jual ikan lele ukuran 7-8 per kg bila berminta hubungi 087781742392 daerah bandung dan sumedang harga Rp 12.000 bisa negoo

  99. arif Says:

    pak bos. ni kluhan ptrnak pemula bnyk yg sm tntng perut kembung dan bnyk yg mati mhon di bntu sms ke nmr ini 081331396075. trmksh sblmny


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: